Powered By Blogger

Jumat, 05 November 2010

resume pengantar bisnis BAB 7

www.gunadarma.ac.id

Nama : Mikhael Kristian
Kelas  : 1EB17
NPM  : 24210401



Pengertian dan Konsep Pemasaran

• Pengertian pemasaran

            Pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan,menentukan harga,mempromosikan,dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia usaha.

• Penciptaan Faedah Bagi Konsumen
            Faedah (utility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuasakan kebutuhan.
Perusahaan dapat menciptakan lima faedah,yakni :
1.faedah bentuk
2.faedah waktu.
3.faedah tempat
4.faedah milik
5.faedah informasi

• Konsep Pemasaran
            Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemusan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan solusi bagi kelangsungan hidup perusahaan.

• Pendekatan Studi Pemasaran
Pemsaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan,yaitu:
1. pendekatan serba fungsi
2. pendekatan serba lembaga
3. pendekatan serba barang
4. pendekatan serba manajemen
5. pendekatan serba sistem

• pendekatan Serba Fungsi
1. penjualan
            penjualan merupakan fungsi yang paling penting dalam pemasaran karena menjadi tulang punggung kegiatan untuk untuk mencapai pasar yang dituju.
2. pembelian
            bertujuan memilih barang-barang yang dibeli untuk dijual atau untuk digunakan dalam perusahaan dengan harga,pelayanan dari penjual dan kualitas produk tertentu.
3. pengangkutan
            merupakan fungsi pemindahan barang dari tempat barang dihasilkan ke tempat barang dikonsumsikan.
4. penyimpanan
            merupakan fungsi menyimpan barang-barang pada saat barang selesai diproduksi sampai pada saat barang dikonsumsikan.
5. pembelanjaan
            fungsi mendapatkan modal dari sumber ektern guna menyelenggarakan kegiatan pemasaran.
6. penanggungan Risiko
            Penanggungan resiko adalah fungsi menghindari dan mengurangi resiko yang berkaitan dengan pemasaran barang

7. standarisasi dan granding

            Standarisasi adalah penentuan batas-batas dasar dalam bentuk spesifikkasi barang-barang hasil manufaktur,kadang disebut normalisasi.
            Granding adalah usaha menggolong-golongkan barang kedalam golongan standard kualitas yang telah mendapat pengakuan dunia perdagangan.
8. pengumpulan informasi pasar

3 macam fungsi pokok pemasaran,yaitu :
a)fungsi petukaran,meliputi pembelian dan penjualan.
b)fungsi penyediaan fisik,meliputi:pengangkutan dan penyimpanan
c)fungsi penunjang,meliputi:pembelanjaan,penanggungan resiko,standarisasi dan granding,serta pengumpulan informasi pasar.

• Pendekatan Serba Lembaga

            mempelajari pemasaran dari segi organisasi atau lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.
Lembaga tersebut adalah :
1. penyediaan bahan/supplier yang menyediakan bahan kepada produsen
2. produsen yang mengolah bahan menjadi barang jadi
3. perantara pedagang
4. perantara agen
5. perusahaan saingan
6. pembeli akhir

• pendekatan Serba Barang

            merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industri.

• Pendekatan Serba Manajemen

            Mempelajari pemasaran dengan menitikberatkan pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil.

• Pendekatan Serba Sistem

            Sumber pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran,barang,jasa,ide,orang,dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh,dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.

Struktur Organisasi Pemasaran

            Sebagai salah satu fungsi poko dalam perusahaan,pemasaran dipegang oleh seorang manajer pemasaran yang kebanyakan bertanggung jawab pada direktur perusahaa.manajer pemasaran membawahi sejumlah individu yang dikelompokkan kedalam dua sub bagian:

1. sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan staf penunjang.
2. sub bagian penjualan umum.

Pengertian Pasar
Adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya.
Tiga unsur penting dalam pasar :
Ü  Orang dengan segala keinginannya
Ü  Daya beli mereka
Ü  Kemauan untuk membelanjakan uangnya
Macam-macam Pasar
Ada 4 golongan pasar :
1.      Pasar konsumen                      3.  Pasar penjual
2.      Pasar indusri                            4.  Pasar pemerintah
Segmentasi Pasar
Adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen.
MARKETING MIX DAN PRODUK
Pengertian Marketing Mix
Adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakn inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni : produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi.
Pengertian Barang
Adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keingian atau kebutuhannya.
Penggolingan Barang Menurut Tingkat Pemakaian dan Kekongkritannya
Ada tiga golongan barang :
1.      Barang tahan lama
2.      Barang tidak tahan lama
3.      Jasa
Pengolongan Barang Menurut Tujuan Pemakaiannya oleh si Pemakai
Barang dapat digolongkan kedalam dua golongan :
1.      Barang konsumsi
Barang konsumsi adalah barang-barang yang dibeli untuk di konsumsikan.
Barang konsumsi digolongkan menjadi tiga golongan, yakni :
1)      Barang konvenien
2)      Barang shopping
3)      Barang spesial
2.      Barang industri
Barang industri adalah barang-barang yang dibeli untuk diperoses lagi untuk kepentingan industri. Barang industri dibagi menjadi lima golongan :
1)      Bahan baku
2)      Komponen dan barang setengah jadi
3)      Perlengkapan operasi
4)      Instalasi
5)      Peralatan ekstra
Siklus Kehidupan Barang (product life cycle)
Siklus kehidupan barang ini terdiri atas lima tahap, yakni :
è Tahap perkenalan
è Tahap pertumbuhan
è Tahap kedewasaan
è Tahap kejenuhan
è Tahap kemunduran
Merk
Brand adalah satu nama, istilah simbul, atau disain (rancangan), atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang-barang yang dihasilkan oleh pesaing.
SALURAN PEMASARAN
Penertian Saluran Distribusi
Adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri.
Alternatif Saluran Distribusi untuk Barang Konsumsi dan Barang Industri
Perantara adalah individu embaga bisnis yang beroperasi diantara produsen dan konsumen maupun pembeli industri. Macam-macam perantara :
1.      Pedagang besar
2.      Pengecer
3.      Agen
Faktor-faktor saluran distribusi :
1.      Jenis barang yang dipasarkan
2.      Produsen yang menghasilkan produknya
3.      Penyalur yang bersedia ikutmengambil bagian
4.      Pasar yang dituju
Perantara Saluran
Adapun jenis-jenis perantara :
Ü  Pedagang besar
Ü  Pengecer
Ü  Agen
Jumlah perantara dalam saluran
Tiga alternatif produsen :
1)      Distribusi Intensif
2)      Distribusi selektif
3)      Distribusi eksklusif
Distribusi Pisik
Distribusi fisik dipakai untuk menggambarkan luasnya kegiatan memindahan suatu barang ketempat tertentupada saat tertentu.
Dua masalah penting yang terdapat dalam kegiatan distribusi fisik :
Ø  Pengangkutan
Ø  Penyimpanan
PENENTUAN HARGFA
Arti dan Pentingnya Harga
Harga adalah sejumlah barang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Harga
Ada beberapa faktor sebagai berikut:
1)      Kondisi perekonomian
2)      Penawaran dan permintaan
3)      Elastisitas permintaan
4)      Persaingan
5)      Biaya
6)      Tujuan manajer
7)      Pengawasan pemerintah
Metrode-Metode Penetapan Barang
Ada dua pendekatan pokok dalam penentuan harga jual:
1.      Pendekatan biaya
a.       Penetapan harga biaya plus
b.      Penetapan harga mark-up
c.       Penetapan harga breakeven
2.      Pendekatan pasar atau persaingan
Politik Peneteapan Harga
Ada beberapa politik penerapan harga, yakni :
¤  Penetapan harga psikologis
¤  Price lining
¤  Potongan haga
¤  Penetapan harga geografis
PROMOSI DAN PERIKLANAN
Promosi
Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan sesorang atau organisasi kepad tindakan yang menciptakan petukaran dalam pemasaran.
Periklanan
Periklanan adalah komunikasi non-individu, dengan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang dilakukan oleh individu-individu.

Personal Selling,Promosi Penjualan,dan Publisitas

• Persunal selling
           
            Persunsl selling Adalah interaksi antar individu,saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan,memperbaiki,menguasai,atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.
• Promosi penjualan
           
            Promosi penjualan Merupakan istilah yang berbeda dengan istilah promosi meskipun sama-sama menggunakan kata promosi.

• Publisitas
           
            Publisitas merupakan salah satu kegiatan promosi kegiatan yang dilakukan melalui suatu media.

1 komentar:

  1. artikel yang sangat menarik, terimakasih sudah sharing, silahkan kunjungi Visit Us

    BalasHapus